Sabtu, 24 November 2012

Macam-Macam Puasa Wajib dan Sunnah


Assalamu'alaikum..
Puasa-puasa ......
Bagi kita kaum Muslim kata tersebut sudah tidak asing. Iya dong.. so pasti. Seperti yang telah diketahui, puasa biasanya lebih identik dengan bulan Ramadhan dan pahala yang besar (berlipat ganda). Sebenernya apa sih puasa itu ? Menurut istilah syar'i, puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (makan,minum, dan bersetubuh).

Pada kesempatan ini, aku akan membahas tentang macam-macam puasa.
Puasa dibagi menjadi 2 :
1. Puasa Wajib
2. Puasa Sunnah

Puasa Wajib
Puasa wajib terdiri dari :
1. Puasa Ramadhan
    adalah puasa dibulan suci Ramadhan. Setiap umat Islam yang memenuhi syarat tertentu ketika menjumpai bulan suci Ramadhan, diwajibkan untuk berpuasa penuh selama 1 bulan.
2. Puasa Nazar
   adalah puasa yang diwajibkan sendiri oleh seorang Muslim. Jumlah hari tergantung dari nazar kita sendiri. Puasa Nazar banyak dilakukan oleh para siswa yang berharap agar keinginannya tercapai. Contoh : Nina bernazar, "Jika setelah lulus SMP dan saya diterima di SMA favorit, saya akan berpuasa selama 3 hari berturut-turut." Ketika Nina benar-benar diterima di SMA favorit itu, maka Nina diwajibkan untuk berpuasa selama 3 hari berturut-turut (sesuai yang telah dinazarkan).
3. Puasa Kafarat
   adalah puasa sebagai pengganti karena berbuka dengan sengaja dalam bulan suci Ramadhan, bukan karena uzur yang diperbolehkan syara'. Contoh: makan dan minum dengan sengaja pada siang hari dibulan suci Ramadhan dan lain sebagainya.
4. Puasa Qada
   adalah puasa yang wajib ditunaikan karena berbuka dalam bulan Ramadhan  lantaran ada uzur syar'i, seperti berpergian jauh, sakit, haid, nifas atau dengan sebab lain


Puasa Sunnah
1. Puasa Sunah
    yaitu puasa selain puasa wajib yang telah disebutkan diatas.
2. Puasa Senin-Kamis
    yaitu puasa sunnah pada setiap hari Senin dan Kamis. Karena setiap hari senin dan kamis amalan kita ditunjukkan atau dihadapkan kepada Allah SWT. Selain itu, hari Senin merupakan hari kelahiran Rasulullah SAW.
3. Puasa Sunnah Syawwal
    yaitu puasa sunnah selama 6 hari pada bulan Syawwal.
4. Puasa hari Arafah
    yaitu puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari ke-9 bulan Zulhijjah. Hikmah berpuasa Arafah adalan dihapuskan dosa selama 2 tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Ingatlah, selama masih di dunia kejarlah pahala sebanyak-banyaknya dan tinggalkanlah hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Surga telah menanti orang-orang yang beriman selama hidup di dunia yang hanya sementara ini.
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar