Rabu, 16 Januari 2013

Perang Dunia 1


Perang Dunia 1
Perang Dunia I terjadi pada tahun 1914 - 1918 yang merupakan perang antara negara-negara Eropa.


Sebab-sebab terjadinya Perang Dunia I antara lain :
Sebab umum :
1. Terjadinya pertentangan antar negara :
a. Pertentangan antara Inggris dengan Jerman akibat persaingan ekonomi, angkatan perang, dan perebutan daerah jajahan.
b. Pertentangan antara Perancis dengan Jerman akibat adanya Revance Idea (semangat balas dendam) karena Perancis dikalahkan Jerman tahun 1870.
c. Pertentangan Rusia dengan Jerman yang disebabkan oleh :
- Jerman tidak bersedia membantu pembangunan Rusia
- Jerman membantu Turki sedangkan Turki adalah musuh Rusia akibat menghalangi - - Rusia dalam melaksanakan politik air hanyat di Laut Tengah.
- Politik Aliansi (persekutuan).
2. Negara-negara Eropa mendirikan :
a. Triple Alliansi (Driebund) yang terdiri dari Jerman, Italia, dan Austria. Ketiganya disebu negara Sentral karena terletak di tengah Eropa.
b. Etente Cordiale , antara Inggris dan Perancis.
c. Triple Etente yang terdiri dari Inggris, Perancis, dan Rusia.
3. Perlombaan senjata akibat perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebab Khusus :
Pada tanggal 28 Juni 1914 putra mahkota Austria yang bernama Frans Ferdinand terbunuh di Serajevo, Bosnia. Pembunuhnya adalah Gabriee Princip, seorang anggota polisi rahasia dari Serbia. Peristiwa tersebut dijadikan alasan Austria untuk melebarkan daerah kekuasaannya di Balkan dengan menguasai Serbia.
Austria menyatakan perang terhadap Serbia tanggal 28 Juli 1914. disusul Jerman menyatakan perang terhadap Rusia tanggal 1 Agustus 1914, kemudian Perancis terhadap Jerman tanggal 3 Agustus 1914, dan Inggris terhadap Jerman tanggal 4 Agusutus 1914.

Jalannya Perang :
Negara yang terlibat Perang Dunia I adalah blok sentral (Jerman, Austri, Turki, Italia, dan Bulgaria) melawan blok sekutu (Perancis, Inggris, Rusia dan Amerika Serikat). Sebelumnya Amerika Serikat bersikap netral, tetapi akhirnya bergabung dalam blok sekutu dengan alasan :
- Kepentingan ekonomi; Jeraman mengumumkan perang kapal perang tidak terbatas sehingga banyak kapal dagang Amerika Serikat yang menjadi korban terkena tembakan.
- Kepentingan politik ; Angkatan Laut Amerika Serikat menangkap telegram rahasia Jerman yang ditujukan pada Mexico agar menyatakan perang terhadap Amerika Serikat.


B. Peserta Perang Dunia 1

• Blok Sentral : Tripple Alliance (Jerman, Austria, Italia), Turki, dan Bulgaria.
• Blok Sekutu : Tripple Entente (Inggris, Perancis, Rusia) dan 20 negara lainnya termasuk Amerika Serikat karena kapal perangnya dihancurkan oleh Jerman.

Pada tahap pertama, Perang Dunia I (1914-1918) berlangsung antara Kerajaan Jerman dan Austria- Hongaria di satu pihak dan negara-negara entente, yaitu Perancis, Inggris, Rusia dan Serbia, di pihak lain. Kemudian beberapa negara lain di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika ikut serta dalam perang itu, di antaranya Amerika Serikat yang keterlibatannya sejak tahun 1917 menjadi faktor penentu. 

Akibat Perang Dunia I

Bidang Ekonomi : perekonomian dunia kacau, banyak negara yang mengubah sistem perekonomiannya untuk mengatasi kesulitan, seperti :
- Italia dengan sistem Korporasi
- Jerman dengan program empat tahun
- Amerika Serikat dengan program New Deal
- Turki dengan Etatisme

Bidang Politik : terjadi perubahan-perubahan peta politik dunia :
- Kerajaaan-kerajaan besar berubah menjadi republik yang sempit. (Rusia, Austria, Turki, Hongaria, dan Jerman)
- Muncul negara-negara baru (Polandia, Finlandia, Cekoslowakia, Mesir, Irak, Libanon)
- Negara-negara pemenang perang memperoleh tambahan wilayah :
* Inggris mendapat Israel dan Kamerun
* Perancis mendapat Syria dan Libanon
* Jepang mendapat kepulauan Carolina dan Mariana
* Lahirnya faham-faham baru (Naziisme, Fasisme, dan Komunisme)

Bidang Sosial : kaum buruh mempunyai kedudukan yang penting karena dibutuhkannya produksi alat-alat perang. Posisi mereka menjadi kuat sehingga memperoleh jaminan hidup yang lebih baik. Emansipasi wanita semakin kuat, mereka aktif memberikan bantuan, kususnya dibidang kesehatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar